Iklan

Thursday 28 July 2016

TRIP TO JOGJA 2 ( We back to the magical place) PART 6

Hari ini tanggal 1 September 2015, sedih deh agustus udah ninggalin kita gitu aja..agustus itu bulan yang paling berkesan buat gue .. agustus tahun lalu adalah pertama kali gue travelling keluar kota dan ke jogja ..travellingnya sama kunyuk satu ini pula (deden)... Agustus tahun ini juga spesial karna gue ngedaki gunung pertama gue..eventho gunung prau dieng yang terbilang rendah..tapi indah dan banyak kesan untuk gue..dan yupp tanggal 27 agustus ini gue back to jogja untuk kedua kalinya.. untuk kedua kalinya we back to the magical place kaya jogja...kota seribu keajaiban..dimana semua terasa gak nyata karna saking indahnya....

Pagi ini gue sama deden mau pergi ke taman sari ..karna kita belum pernah kesini dan tahun lalu hanya pantai pantai dan pantai...jadi tahun ini kita lebih concern untuk wisata merata ..dari pantai..gunung sampe situs sejarah ....

Gue tuh paling buruk masalah ingat mengingat guys..jadi sorry ya gabisa kasih keterangan harga tiket masuk karna lupa harganya berapa...
Taman sari tuh kaya istana gitu dan dominan dengan air nya...aura jadul and kunonya berasa banget disini..mistiknya juga..agak sunyi apalagi pas bagian kamar-kamar gitu...

tapi emang belom ke jogja sih kalo belum ke taman sari,,,secara beberapa musisi , ftv , film atau artis artis sering menggunakan taman sari sebagai latar tempat video atau film mereka..contoh katon di video clip jogjakarta..dan citra scholastika di video Galau galau galau ...

Selama disini gue foto-foto dan emang tempatnya keren banget buat spot foto tuh puas parah....tapi kadang kesel juga karna banyak coret coretan vandalism dari orang-orang bodoh berotak lebih bodoh dari udang yang ngotorin tembok tembok taman sari....

mereka gak tau atau emang terlalu bodoh buat mengerti kalau ini adalah tempat berserjarah indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan sebagai warisan negara...malah corat coret gak jelas ..buat ELO ELO PADA YANG NGERASA PERNAH NYORET NYORET DI TEMBOK TAMAN SARI ATAU DIMANAPUN TEMPAT WISATA BERSEJARAH INDONESIA .. ELU BODOH ..

itu bukan seni guys...itu pelecehan terhadap warisan negara..






---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selesai dari taman sari..kita pergi ke keraton guys..wihh ini emang keren banget..sampe sana gue berasa jadi orang jogja asli *heleh*.... disanalah tempat dimusiumkannya hal hal berbau kerjaan jogja *bener gak?*
dari mulai pakaian, kereta kencana , silsilah dan lain lain ada disana..kagum banget deh emang sama jogja..gak salah deh lagu Jogja istimewa nya si Jogja hip hop foundation ...emang jogja tuh istimewa..istimewa negrinya, istimewa orangnya..

Sepi banget hari itu dan jarang ada pengunjung, cuma kita berdua kali awalnya.
kita bisa berlalu lalang sesuka hati dan ngobrol-ngobrol ria....

deden tuh orangnya emang bipolar parah kali ya.. kita kan awalnya ngobrol tuh ketawa tiwi..nah ada moment dimana kita misah sebentar..gue ngeliat apa..dia ngeliat apa... pas balik doi udeh diem kek orang kesel...dieeem aja..katanya sih capek..gue ajak ngobrol mukanya udah bete...gue rasa sih dia kesambet..namanya juga di tempat tempat begini kan...apalagi die punya riwayat pernah ketancep tanduk jin sampe dibawa ke bekasi wkakakak eh den gapapa kan ya gue singgung begini ...

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Ngomong-ngomong soal jogja..ternyata gue punya sodara yang tinggal disini..

Jadi gini..Salah satu adik dari ayahnya bokap gue (kakek gue) punya saudara perempuan...semua keluarganya pindah ke ambon dan putus koneksi secara total dengan keluarga gue...salah satu dari mereka yang tinggal dijogja..namanya shanty ..terakhir bokap gue ketemu dia waktu dia SMA sekitar tahun 1999 di Jawa timur... tapi terakhir kali tante shanty ke jakarta itu sekitar tahun 1993 yang artinya seumur hidup gue.. gue ataupun keluarga belum ketemu mereka lagi..

Bokap gue nyuruh gue supaya nemuin mereka dan menjadi penghubung pertama setelah berpuluh tahun nggak ketemu.. Gue tipikal orang yang nggak enakan atau sungkan...dateng-dateng gapernah kenal atau tau..tiba-tiba berkunjung dan minta penginapan dijogja (misi awal bokap) ..jelas lah gue gak mau..kurang sopan kalo menurut gue..

Dari jauh jauh hari sebelum kejogja bokap udah wanti wanti supaya gue ngontek tante shanty dan keluarga..tapi gue selalu berkilah..bahkan sampe dijogjapun gue bilang aja klo gak nemuin alamat mereka..padhalmah gue nyari juga enggak ahahah..

Tapi ternyata..malam itu handphone gue bunyi : TRIIIITTT TRIIIT

gue : hallo...siapa ya ini?
Stranger : iqbal ya....iqballl apa kabar..
gue : baikk..ini siapa ya?
Stranger : ini tante shanty..gak kenal yaaa? iqbal dimana?

(kita ubah jadi tante shanty namanya)
gue : di gedongkiwo tante..
tante : main dong kerumah sini..kenapa gak nginep disini aja sihhh...mampir dong..eh kamu jatoh ya dikalibiru..gak kenapa kenapa kan?

Waduh...seinget gue sih gak ada paparazzi atau wartawan TMZ yang ngeliput gue pas gue jatoh deh..kenapa seantero dunia bisa tau.. (lebay..org pada tau gara2 gue update feed di IG ..pasti sodara gue liat di IG..trus ngasih tau Bokap..trus bokap nelfon tante shanty dan bilang gue jatoh)

Gue : kok tante tauu?
tante shanty : iya dari ayah

*clinggg bener kan*

Singkat cerita..gue yang tadinya mau makan malem dialun alun langsung nyari alamat tante shanty ..

Sampai disatu alamat..ketemulah gue dengan wanita berhijab panjang..kulit putih..paras cantik dan senyum ramah menyapa gue dengan riang

tante shanty : aaaa iqbal yaaa.
Gue : iya tante...
tante shanty : ini siapaa??? temennya? masuk masuk...

trus kita masuk dan tante shanty manggil anak anak dan suaminya.

Tante : pah..ini loh iqbal..ohiya iqbal ini suami tante ...dan ini radja sama rakha.. .eh dja..liat deh temen ka iqbal mirip artis tuh..siapa ja..bisma sama iqbal cjr ya...

deden tersipu sipu kayaknya..tapi nggak juga sih die udeh biasa dipanggil bisma atau iqba cjr..

Radja & rakha : iya kaya bisma..

rasanya lucu ngeliat mreka welcome ke gue and ke deden..apalagi pas mereka bilang deden kaya bisma hhh gue juga jadi pengen ikut bilang

"iya tante..paras boleh kaya bisma n iqbal cjr..tapi teteuppp tingkah laku mah iis dahlia emmm"

Terjadilah obrolan-obrolan seru antara kita guys... mereka seru banget, talkactive kaya gue sama deden...si deden aja gak bosen dan seru denger obrolan mereka..

FYI ..gue itu orangnya paling enggak bisa yang namanya basa-basi..dan sialnya..banyak yang bilang kalo ekspresi gue bener-bener ketara dan mudah dibaca sama orang..jadi keliatan kalo gue gak nyaman atau bete atau kesel atau seneng gitu..dan gue juga bisa nebak ekspresi orang kalo mereka gak nyaman sama kehadiran gue....makanya gue gak mau ngontek mereka karna takut suasana awkward dan ngerepotin mereka..tapi ternyata orangnya asik-asik banget dan ramah ..gak nyadar kalo untuk pertama kali dalam hidup gue baru ketemu mereka..cuma serasa udah kenal lama....

Time flies so fast banget emang kalo kita nikmatin waktu...gak kerasa kalo udah hampir jam 11 malem gue n deden ngobrol sama mereka sekeluarga..si rakha and radja kuat banget lagi jam segini belum tidur.. gue masih mau ngborol banget sama mereka tapi waktu sudah malem dan sayangnya ini malem terakhir gue dijogja ...aarghh sedih..

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sepulang dari rumah tante shanty kita sempetin untuk mampir di alun-alun kidul jogjakarta... suasananya masih sama..masih ceria..masih romantis..masih bersahabat..masih banyak senyum disekeliling gue dan kebahagiaan yang terpancar dari setiap kepala yang ada disini...

Gue sama deden nyoba untuk ke dua kali ritual "masangin" atau ngelewatin pohon kembar yang ada ditengah alun alun...

Gue : hariiii ini gue harus berhasil...gila kali tahun lalu gagal 2 kali masa tahun ini gagal lagi..gamungkin...

Deden : ayo udah cepet gue jagain..elu make iketannya cepetan..

Gue nyoba dan masang iketan..seketika pandangan gue jadi gelap total dan gak bisa liat apa apa..cuma suara ramai dan bencong pirang yang masih ngoceh disamping gue (deden)

Deden : rosss....terossss.....terosss..stop..lompat dikit....belok diikit..kanan...kanan..yak stopp..teroosss

gitu aja terus sampe akhirnya deden nyuruh gue berhenti daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan..
gue gagal.
gue belok 160 drajat...dan malah balik arah kearah tukang masangin..  keselllllll gak ..

emang si deden nih sengaja bikin gue gagal kayaknya..

sekaran gigliran dia ...tahun lalu dia boleh bangga karna berhasil lewatin ini pohon sebanyak DUA KALI...tapi tahun ini.. GUE YAKIN PASTI GAGAL..

dengan centilnya dia masang iket penutup mata dan mulai jalan pelan-pelan.. gue coba ngarahin waktu itu..ada sih fikiran fikiran jahat supaya ini anak belok ke jalan raya..trus dari jarak 50 meter ada mobil dengan kecepatan pelan trus nglakson kenceng banget karna deden udah berdiri di tengah jalan...deden buka mata dan teriak ..AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAaa...kamera ngezoom dan mobil...entahlah... masih jauh juga jaraknya..cukup buat ngerem dan deden cukup buat melangkah manjah kepinggir jalan..

Gue : terosss terosss jalan terosss..terosss..bukaa mata..

deden girangnya bukan main...karna kali ini dia berhasil lagi...BERHASIL LAGI... .. KE TIGA KALI INI BERAHSIL ... HIDUP INI NGGAK ADIL ..KENAPA INI TERJADI KEPADAKUUU TUHAAAANNN...

mungkin emang karna ni anak polos banget n gaada dosa kali jadi berhasil mulu (cuihhh) .. secara ..anak anak seumuran kita lainnya kalo malem nge-browsing bokep di internet ...ini malah nyari "50 nama nama bayi yang baik menurut agama islam"... jehhh ilehhhh -_- .. atau "arti nama deden supriyatna" ...

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
puas bermain ritual masangin...kita berdua duduk ditengah alun-alun bersama puluhan orang lainnya sembari mengobrol..suasana malam jadi tambah damai karna keramaian udah mulai berkungan... kita sibuk ngegodain orang-orang pacaran..apalagi ada yang menarik perhatian kita..ada salah satu pasangan yang menurut gue "cinta tidak mengenal kasta ataupun rupa" banget..

kita liat dipojokan ada pasangan lagi pelukan..romantis banget..sampe bilang

Deden : itu lengket amat sih lama-lama mesum deh
Gue : iye..kaga malu apa mereka begitu..diiperhatiin orang itu..minta diperhatiin apa?
Deden : padahal mah kalo mereka mau diperhatiin gampang ye bal..acro yoga aja itu mereka ditengah alun-alun..banyak yang nontonin pasti..
Gue : hahahha eh kata-kata gue tuh..

tiba-tiba pasangan itu berdiri dan ternyata oh ternyata..cowonya kurusss banget..dan ceweknya gemuuuk banget...mereka pindah posisi dan pelukan dipinggir pohon bringin kembar... ceweknya pake legging macan mengkilap dengan rambut sasakan warna coklat

mereka pelukan guys..kebayang dong tangan cowoknya nyampe apa nggak... husshh sudah...love is not about lust yang lebih mementingkan rupa..love is about mereka yang mau menerima kekurangan dan membuat itu jadi kelebihan masing-masing..kelebihan berat badan iya ...

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Duduk dialun-alun dimalam terakhir kita dijogja tuh agak sedih guys.... trip yang kita idam idamkan selama setahun sebentar lagi usai..dan kita gak tau tahun depan akan ada moment kaya gini lagi apa enggak... gue sama deden pun ngobrol banyak hal..dari yang isinya cuma ngecakin orang sampe yang serius...

Gue : banyak yang bilang kalo ngeliat kita lagi ngobrol tuh seru banget den..
Deden : iya...kita gitu sih emang..karna tukang ngomong..dulu yudhi bilang katanya ngeliat kita ngobrol asik banget ya...
Gue : haha iya..lu inget gak pas di Gunung prau.. yang laen di tenda..kita ngobrol sampe jam 3 pagi..dan bang heru bilang "itu ngedengrin iqbal sama deden ngobrol seru banget dahhhh"

Gue : gue gabisa seseru ini tau den sama yang lain gak tau kenapa..mungkin slera humor gue beda sama mereka...
Deden : sama...gue sama yang lain juga biasa aja...banyak candaan yang gak gue lakuin ke yang laen..apalagi kalo udah kata kataan bencong hahaha..tapi suka kebawa tau bal kalo lupa..... kalo ngobrol pun gue sama yg laen mah biasa aja...kalo kita kaya kmarin di kreta sampe seharian ngobrol ada aja obrolannya sampe pagi...
Gue : iya..sama...

Entah kenapa kita bisa akrab banget..padahal dia bukan temen gue dari kecil ataupun saudara..dan kita beru ketemu 3 tahun ...tapi intensitas main kita dan akrabnya mungkin udah kaya orang yang kenal bertahun-tahun...

Guys..punya sahabat tuh gak kebayang enaknya...punya orang-orang yang selera humor , selera makan, selera apapun itu sama kaya lo..pemikiran yang hampir sama kaya lo... bahan obrolan atau bahkan bahan ngecakin orang yang sama kaya lo adalah hal yang mesti lo jaga...karna gak semua orang bisa dapetin persahabatan...semua orang pasti punya temen ..semua orang pasti punya orang-orang yang ada terus sama mereka..tapi gak semua bisa ngerasain yang namanya punya sahabat deket...punya orang-orang yang kedekatannya lebih dari keluarga.. orang yang ngatain lo tapi gak pernah sampe sakit hati...orang yang sering adu argumen..marah..kesel sama lo tapi ujung-ujungnya baik lagi.. its something that you have to keep..something that you can't live without... intinya sama orang ini (deden) gue gapernah bosan..

puas berbincang...kita mengakhiri malam dan kembali kerumah..bye jogja...ini malam terakhir gue tahun ini bertemu denganmu..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggal 2 september 2015... Kita panik bukan kepalang karna handphone deden dan tutup kamera gue nggak ada...kita baru ngeh kalo dua barang itu nampaknya jatuh di sekitar alun-alun kidul...
entah mungin ini hukuman dari Allah karna kita terlalu banyak ngecakin , ngegosipin dan ngatain orang.....

Pagi-pagi kita langsung nyari handphone ke alun-alun tapi hasilnya nihil...deden tetep gak bisa nemu handphonenya... kita udah coba ngelacak emailnya lewat laptop dan hasilnya hari ini on..lokasi disekitar alun-alun tapi kemudian off dan gak bisa kelacak lagi...

Lagi nyari-nyari hape tiba tiba handphone gue bunyi dan ternyata dari tante shanti...

tante shanti : iqbal dimana? nanti tante mau kepenginapan iqbal ya...
Gue : saya lagi di alun-alun tante..abis ini mau ke malioboro mau beli oleh-oleh..iya nanti habis nyari oleh oleh saya pulang kepenginapan...

Gue sama deden langsung bergegas nyari oleh-oleh dan pulang kepenginapan...sampe disana gue liat seorang perempuan lagi duduk asik nyemil snack sama anaknya duduk dipinggir penginapan..iya tante shanti sama radja...

Tante shanty : tante duduuuk yaaa.....
Gue : oh iya tante.....

akhirnya kita masuk kepenginapan dan ngobrol ngobrol bareng..

tante shanty : iya tadi si radja ngotot mau nyamperin kalian sebelum pulang... yawdah tante bilang..ayokk kita susul mereka... dan radja bilang "kita mau susuk ka iqbal sama ka deden ke jakarta mah, naik motor?" ...

kita semua ketawa sama cerita tante shanty...hahh moment ini bikin gue seneng sekaligus sedih...setiap petulangan gue ada aja cerita baru...

puas ngobrol lama..akhirnya tiba saat perpisahan gue sama tante shanty and radja untuk yang kedua..tapi pastinya untuk waktu yang gak bisa ditentuin apakah bisa ketemu lagi nantinya.... gue seneng bisa ketemu saudara yang bahkan gue gak tau sebelumnya kalau pernah ada...

Tante shanty bersiap untuk menjalankan motornya...Radja yang lucu banget melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan..ya..tanda perpisahan untuk gue dan mereka sekaligus mewakili jogja untuk berpisah sama gue ...

Setelah mereka pergi..gue dan deden langsung packing untuk bersiap mengejar kereta pulang... setelah semua siap..kita serahkan kunci dan STNK lalu pergi ke stasiun...


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gue sama deden udah didalam kreta.. kita duduk berhadapan dengan dua lelaki tua...satu bapak bapak berkulit sawo matang dengan senyum khas seorang ayah kepada anaknya..satu lagi entahlah..gausah disebut..ngerusak suasana cerita gue yang udah mulai sedih...songong banget..norak..semua serba disalahin..sebut saja dia si popai

Kasus satu :
Popai : liat generasi anak muda sekarang masyaallah..ancur akhlaknya ancurr...semua karna apa..karna orang kafir yang mimpin jadi begini..otak pada keracunan semua

*tiba-tiba ada cewek cakep lewat*
popai : dekk mau dibantuin??? *dikacangin*

Setiap cewek cakep yang lewat..dia selalu menawarkan bantuan dengan lembut..setiap yang lewat nenek2 atau aki aki atau laki laki kaya kita..bahhhhh cuekk bebekkk..tampangnya angkuh ..gayanya kaya jawara..

kasus dua :
popai : liat kereta sekarang miris....liat..didalem gaada lagi tukang dagang..dulu waktu jaman saya ..tukang dagang boleh masuk..orang pada bawa binatang ternak boleh masukkk jadi gampang..jadi enak..boleh pada berdiri jadi gak berebut tiket..sekarang gak bisa...tukang dagang sama hewan gak boleh masuk..ancur sistem sekarang..ancur..semua karna apa..karna sistem kafir...

*YEEEEEEEEEEEEEE jembut bencong.... Pola fikir elu kebalik amat sih..masa lebih enak jaman dulu tukang asongan sama bebek boleh masuk ke kreta...dulu pada tumplek blek dikreta elu demen gitu?.... sekarang kreta udeh rapih malah nggak betah.. ini orang gimana sih jalan fikirannya..ya enakan sekarang lah..sistemnya jgua bagusan sekarang..kreta ada limitnya jadi gak over penumpang..hewan gaboleh masuk jadi gak kotor..asongan juga ..jadi ga nyampah... biasa idup di pinggiran got ikan gapi jadi begini...

kasus tiga :
popai : duluu waktu saya muda...kereta petugasnya ada yang perempuan..lah ini sekarang??? dari tadi yang lewat LAKIII semua... hasilnya apa? perempuan jadi gak ada ladang pekerjaan..jadi melacur dijalanan..jual diri..karna apa itu? karna pemerintahan yang kafirr....

*kalo aja tanduk jin yang nempel di punggung deden belum dicabut...pengen rasanya gue cabut trus gue tusuk ke mulut ini orang supaya berenti ngomong... dari tadi nyari perhatian banget...gak diajak ngomong jadi bawaannya nyerocos mulu sok kritis... mau dikata intelek apa ya...mending lu acro yoga sanah diatas gerbong

Kasus empat :
Popai : saya punya topi banyak inihh....liat banyak kan.. *ngeluarin tas guede yang isinya topi semua
Gue, deden dan lainnya : Poker face..
Popai : pak..bapak dari pasar minggu ya??? tau pondok pesantren ...... (sebut nama)  ? ...kepala ustadnya dulu BEGINIIII sama saya (bikin gesture solid ..telunjuk diiket telunjuk) ..

*mo elu deket ama ustad kek..deket sama suaminya inul kek..gak perduli kita*

Kasus emapat :
Popai : saya kalo liat pasar senen prihatiiiin banget...disepanjang stasiun ditembok...warga yang masuk diawasin petugas... sengaja itu..biar penumpang pada makan atau belanja di minimarket atau restoran yang ada didalem stasiun..itukan punya orang kafir itu..antek yahudi itu... saya mah ogah makan disana..tetep keluar sayamah makan dibalik tembok itu...berantakan emang sistem di indonesia nih..karna apa..karna kafir..

P.S : maaf ya kalo bahasanya kasar dan sara...tapi ini bukan gue..gue cuma menyampaikan apa yang gue liat dan gue tulis tanpa ditutup tutupi..kalo gak berkenan..maaf banget..namanya juga orang dulu..boker aja blom tentu cebok jaman dulu mah...jadi gitu masih sempit pola fikirnya...

Sepanjang ini adonan em-be-ka nyerocos..gue sama deden and bapak2 lembut disamping kita diem aja..gak ada yang gubris...tapi ada satu waktu dimana kita bertiga ngobrol tanpa ngehirauin dia..dia kesel dan pindah ke belakang...ngobrol dengan hal yang sama..trus disautin ama bapak-bapak

Bapak2 : situ sotau amat ya...

hahaha rasanya mau gue tepuk tangan salut ke itu bapak...

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bersambung ke Part 7 (Akhir)







0 comments:

Post a Comment